Selasa, 10 Januari 2012

TV LG gambar bagus suara seperti cd rusak

Kejadian ini aku alami waktu melakukan servis panggilan.Biasa ......aa setiap membuka tv pertama yang dilakukan bersih-bersih area PCB sambil nunggu tuan rumah bikin kopi. Habis itu nyiapin solder dipanasin sambil liat-liat pcb, solderan ,elco-elco, barangkali ada yang mencurigakan sambil ngisap sebatang rokok . Coba aku ganti elco yang aku curigai didaerah audio karena tv ini bermasalh di audionya, jadi tv ini pertama dinyalain suara bagus tapi selang 15menitan suaranya sperti kaset cd yang rusak,krek-krek...kadang pletok.Dan aku solder juga daerah ic audio,ic tunggal [lupa nmr icnya], ic streonya. Sudah aku solderin semua aku coba bagus sampai satu jam.Habis itu aku pamitan pulang dan minta bayaran
            Keesokan harinaya yang punya tv telpon katanya kambuh lagi suaranya cuma frekwensinya berkurang dari pada yang sebelumnya .Lalu aku ambil tv bawa kebengkel harus rawat inap kataku pada yang punya tv . Aku pelajari kok kambuh lagi padahal sudah tak solder ulang semua elco juga sudah banyak yang aku ganti terutama elco yang gede-gede, coba aku panasin pakai blower daerah mana yang bikin suara rusak, aku curigai daerah ic streonya kalo dipanasin suaranya kambuh. Aku ambil gandarukem secukupnya lalu aku panasin sampai timahnya meleleh .Lalu aku dinginkan dengan kipas angin,setelah aku coba seharian untuk memastikan suaranya rusak lagi apa tidak dan Alhamdulillah seharian dites tidak kambuh penyakit suara rusak seperti cd rusak . Analisaku ternyata biang keladi dari penyakit ini adalah solderan yang kelihatan bagus tapi tidak bagus karena tv lg atau tv-tv sekarang mengggunakan timah yang agak keras atau titik didih timah yang rendah jadi kalo memakai solder yang standar memang mencair tapi belum tentu menempel pada pcb atau kaki pada ic .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar